3 Partai tak Otomatis Lolos Calon Peserta Pemilu M BERITA TERKINI

Berita terkini hari ini menginformasikan bahwa 3 Partai tak Otomatis Lolos Calon Peserta Pemilu M.


Jakarta: Komisioner KPU Wahyu Setiawan menegaskan tiga partai yang menang gugatan di Bawaslu tak otomatis lolos menjadi calon peserta pemilu. Ada sejumlah tahap yang harus dilalui. 

“Belum tentu, karena setelah pendaftaran, masih ada kegiatan penelitian administrasi. Setelah itu ada yang namanya verifikasi faktual,” ujar Wahyu kepada Metrotvnews.com, Kamis 16 November 2017.



Wahyu menerangkan, bagi partai politik yang sudah pernah dinyatakan lolos verifikasi faktual pada pemilu 2014, verifikasi faktual untuk Pemilu 2019 dilakukan hanya di daerah otonomi baru.

“Tetapi untuk parpol baru, verifikasi faktual akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia,” imbuh Wahyu.

Dia menambahkan, KPU tetap berhak tak meloloskan ketiga partai jika berkas pendaftaran yang diserahkan tidak lengkap. “Bagi ketiga partai ini akan kita mulai dari awal lagi. Kita akan lihat hasil berkas pendaftarannya, lengkap atau tidak. Kalau tidak lengkap ya akan kita putuskan tidak lengkap lagi,” pungkas Wahyu.

Wahyu mengatakan keputusan final partai politik yang lolos menjadi peserta Pemilu 2019 akan diumumkan pada Februari 2018 mendatang. 

Dikeathui, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengabulkan gugatan tiga partai: Partai Idaman, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Bulan Bintang (PBB). Ketiganya menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait dugaan pelanggaran administrasi.

(Baca juga: Bawaslu Kabulkan Gugatan Partai Idaman, PKPI, dan PBB)

 

(REN)

Kabar hari ini disadur berdasarkan media Indonesia tentang 3 Partai tak Otomatis Lolos Calon Peserta Pemilu M.