Apa itu Pemasaran Internet?

pemasaran internet

Definisi

Pemasaran Internet (juga dikenal sebagai pemasaran emarketing, pemasaran web, atau pemasaran digital) adalah istilah menyeluruh untuk produk pemasaran dan / atau layanan online – dan seperti banyak istilah menyeluruh lainnya, internet marketing memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Meskipun tujuan pemasaran internet yang jelas adalah untuk menjual barang, jasa, atau iklan melalui internet, perusahaan dapat memasarkan secara online untuk mengkomunikasikan pesan tentang dirinya atau melakukan penelitian.

Pemasaran online dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk mengidentifikasi target pasar atau menemukan keinginan dan kebutuhan segmen pemasaran. Pada dasarnya, pemasaran internet mengacu pada strategi yang digunakan untuk memasarkan produk atau layanan online, termasuk:

Strategi desain situs web

Pengoptimalan mesin telusur dan pengiriman mesin pencari
Promosi daring
Hubungan timbal balik
Email Pemasaran
Media sosial
Blog
Iklan bayar per klik
Pemasaran artikel
Program afiliasi
Video / Podcasting

Saatnya Mendapat Pemasaran Online

Jika Anda tidak menggunakan pemasaran internet untuk memasarkan bisnis Anda seharusnya. Kehadiran online sangat penting untuk membantu klien potensial dan pelanggan menemukan bisnis Anda – bahkan jika bisnis Anda kecil dan lokal. Online adalah tempat di mana bola mata berada sehingga di mana bisnis Anda perlu.

Menurut Forrester Research , penjualan ritel online AS diproyeksikan mencapai $ 370 miliar pada 2017, sehingga pemasar online terus-menerus merancang strategi pemasaran internet baru dengan harapan mendorong lebih banyak lalu lintas ke situs web mereka dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Menurut Strategy Analytics , pada tahun 2015 iklan digital menyumbang sekitar 30% dari keseluruhan pengeluaran untuk iklan, atau $ 52,8 miliar. Ini masih menempatkan hampir $ 30 miliar di belakang iklan yang dibelanjakan di TV. Namun, iklan online tumbuh sebesar 13% pada tahun 2015, tercepat dalam kategori apa pun.

Seberapa Pentingnya Pemasaran Internet?

Menurut Link Manusia, pada 2016 lebih dari 3 miliar orang di seluruh dunia memiliki akses internet. Ini memberi pemasar jumlah pelanggan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mencapai penawaran produk dan layanan, tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Sifat interaktif dari internet memfasilitasi komunikasi langsung antara bisnis dan konsumen, memungkinkan bisnis untuk merespon dengan cepat kebutuhan konsumen dan perubahan di pasar.

Ulasan online telah menjadi salah satu komponen terpenting dalam keputusan pembelian oleh konsumen di Amerika Utara. Menurut survei 2013 yang dilakukan oleh Riset Dimensi yang mencakup lebih dari 1000 peserta, 90 persen responden mengatakan bahwa ulasan online yang positif memengaruhi keputusan pembelian mereka. Yang menarik, ulasan negatif biasanya berasal dari situs ulasan online sedangkan Facebook adalah sumber utama ulasan positif. Forrester Research memperkirakan bahwa pada 2020, 42% dari penjualan di dalam toko akan berasal dari pelanggan yang dipengaruhi oleh riset produk web.

Dampak Media Sosial

Menurut Statistica , 76% dari populasi AS memiliki setidaknya satu profil jejaring sosial dan pada tahun 2020 jumlah pengguna media sosial di seluruh dunia diperkirakan akan mencapai 2,95 miliar (650 juta di antaranya dari China saja). Dari platform media sosial, Facebook adalah yang paling dominan – pada akhir Agustus 2017 Facebook memiliki sekitar 2,5 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, yang terdiri dari 26,3% dari populasi online global ( Statistika ).

Perangkat seluler telah menjadi platform dominan untuk penggunaan Facebook – 68% waktu yang dihabiskan di Facebook berasal dari perangkat seluler. Platform media sosial populer lainnya untuk pemasaran termasuk Twitter , LinkedIn , Pinterest , dan YouTube. Dari perspektif pemasaran, media sosial menjadi semakin penting, namun banyak bisnis yang tidak yakin apakah merangkul media sosial telah meningkatkan laba karena sulit untuk menghubungkan aktivitas pemasaran media sosial dengan peningkatan penjualan. Menurut Business 2 Community :

90% orang dewasa berusia 18 hingga 29 menggunakan media sosial (dibandingkan dengan 35% dari mereka yang berusia di atas 65)
Sepertiga dari generasi milenium mengatakan bahwa media sosial adalah cara yang mereka sukai untuk berkomunikasi dengan bisnis
84% CEO dan VP mengatakan mereka menggunakan media sosial untuk membantu membuat keputusan pembelian

Mendapatkan Bisnis Online Anda

Jika Anda baru mengenal internet marketing dan ingin online secepat dan semurah mungkin Anda dapat memulai dengan platform media sosial seperti Facebook – Anda dapat membuat halaman Facebook bisnis dalam waktu kurang dari satu jam. Namun, jika Anda ingin lebih banyak kontrol atas kehadiran online Anda, situs web yang disesuaikan lebih sesuai. Idealnya Anda harus memiliki situs web dan kehadiran media sosial, dengan masing-masing menghubungkan ke yang lain.