Cara Meningkatkan Nafsu Makan

Ketika Anda memiliki nafsu makan yang sehat, mudah untuk makan cukup makanan dan nutrisi untuk mendukung berat badan yang optimal. Tetapi jika Anda secara konsisten tidak ingin makan, lama kelamaan berat badan Anda bisa turun terlalu rendah. Tidak mendapatkan semua nutrisi dan kalori yang Anda butuhkan dapat menyebabkan kelemahan, kelelahan, dan kekebalan yang terganggu. Obat-obatan resep, penyakit, penuaan, nutrisi yang buruk, depresi dan kebosanan dapat menekan nafsu makan Anda. Apa pun penyebabnya, strategi sederhana dapat membantu Anda merasa cukup lapar untuk makan apa yang Anda butuhkan untuk terlihat dan merasa sehat.

makanan lezat

Bicarakan dengan dokter Anda tentang kemungkinan penyebab hilangnya nafsu makan Anda. Beberapa obat resep dan perawatan penyakit mengubah cara makanan terasa sehingga makanan Anda tidak menarik. Antibiotik, khususnya, pencernaan lambat, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Perawatan kemoterapi dapat menyebabkan mual dan mengurangi keinginan Anda untuk makan. Bahkan penghilang rasa sakit bebas resep dan dosis dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Obat jantung dan diuretik tertentu juga dapat disalahkan.

Jangan pernah berhenti minum obat tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Anda dapat mendiskusikan gejala-gejala Anda dan obat-obatan alternatif potensial yang mungkin memiliki lebih sedikit efek negatif pada kenikmatan makanan Anda.

Kadang-kadang bukan terapi, tetapi penyakit itu sendiri yang mematikan nafsu makan Anda. Gagal jantung kongestif, penyakit paru-paru dan kanker dapat mempengaruhi keinginan Anda untuk makan, seperti juga rasa sakit dan depresi yang ekstrim.

Makan tidak biasa

Makanan tidak harus menjadi tiga kuadrat konvensional sehari. Cobalah makan porsi kecil lima atau enam kali per hari, sehingga Anda tidak pernah merasa kewalahan karena terlalu banyak makanan. Sebagai contoh, camilan sepanjang hari pada biskuit gandum dengan keju, yogurt dengan buah segar, telur rebus dengan sepotong roti panggang, setengah dari sandwich kalkun pada roti gandum, wortel dan lada dengan hummus dan kecil semangkuk granola dengan susu sebelum tidur. Makan apa yang Anda inginkan, bukan apa yang diharapkan pada makanan tertentu. Miliki sisa daging sapi rebus untuk sarapan, oatmeal untuk makan siang atau telur dadar untuk makan malam.

Anda mungkin ingin meminimalkan serat tinggi, sayuran penyebab gas, seperti brokoli dan kubis, karena mereka dapat membuat Anda merasa kenyang sebelum Anda mengambil cukup kalori. Makanan yang digoreng berminyak dapat membuat Anda merasa kenyang dengan cepat, tetapi tidak perlu membatasi sebagian besar makanan yang mengandung lemak, karena mereka akan menyediakan lebih banyak kalori per suap daripada kebanyakan makanan lain.

Minumlah cairan setidaknya 30 menit sebelum Anda duduk untuk makan karena mereka mengisi Anda dengan cepat. Minuman bersoda dapat membuat Anda merasa kembung, yang dapat meredam keinginan Anda untuk makan, tetapi jika Anda menggunakannya untuk melawan mual, teguk perlahan-lahan di antara waktu makan daripada minum mereka dengan makanan. Minum cukup banyak di antara waktu makan untuk memastikan bahwa Anda cukup terhidrasi, karena dehidrasi juga dapat berdampak negatif terhadap selera makan Anda.

Jadikan Meals sebagai Acara

Memasak untuk orang lain atau membiarkan mereka memasak untuk Anda dan membuat makanan yang Anda sukai dapat membantu Anda lebih menghargai makanan. Jika memasak untuk satu membuat Anda merasa tidak bersemangat makan, buddy di saat makan. Makan bersama keluarga atau teman menciptakan energi di sekitar waktu makan yang merangsang nafsu makan Anda. Hadiri kelompok biasa di sebuah gereja atau pusat komunitas, undang seorang teman untuk makan siang atau menawarkan untuk memasak makan malam untuk anak-anak Anda yang sudah besar.

Olahraga ringan juga bisa merangsang nafsu makan Anda. Hanya berjalan sebentar sebelum makan, misalnya, bisa cukup untuk meningkatkan keinginan Anda untuk makan. Seiring waktu, tingkatkan stamina Anda sehingga Anda menikmati berjalan lebih lama atau lebih banyak aktivitas intens untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Jadikan Makanan Lebih Menarik

Mencoba resep baru dapat memicu minat pada makanan. Juga, pertimbangkan apakah makanan yang Anda makan terlalu hambar. Minyak zaitun, cuka, bawang putih dan bawang serta rempah segar dan bumbu pedas – seperti kayu manis, kunyit dan jahe – dapat menambah variasi dan menarik makanan Anda.

Jika makanan terasa seperti logam untuk Anda, beralihlah ke memasak dalam pot kaca dan makan dengan peralatan plastik. Bau dapat meleset jika Anda kena mual, jadi pilihlah barang-barang suhu dingin atau ruangan yang mengeluarkan lebih sedikit aroma. Asap rokok dan rokok juga dapat meredam selera Anda dan keinginan untuk makan, jadi hindari jika memungkinkan.