Hadapi Korut, Komandan Pasifik AS Setuju Diplomasi… BERITA DUNIA

Berita terkini hari ini menginformasikan bahwa Hadapi Korut, Komandan Pasifik AS Setuju Diplomasi….

TOKYO – Kepala Komando Pasifik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), Laksamana Harry Harris mengatakan diplomasi yang didukung oleh kekuatan militer diperlukan untuk menangani rudal dan pengembangan nuklir Korea Utara. Hal itu dikatakannya kepada Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera.

“Jelas, sementara diplomasi harus menjadi upaya utama dengan Korea Utara, maka harus dilakukan diplomasi yang didukung oleh kekuatan militer yang kredibel,” kata Harris pada awal pertemuannya dengan Onodera seperti dilansir dari Reuters, Kamis (16/11/2017).

Pernyataan ini seolah menegaskan apa yang dikatakan oleh Menteri Pertahanan AS Jim Mattis bulan Oktober lalu. Saat itu, Mattis bertemu dengan koleganya dari Korea Selatan (Korsel) Song Young-moo.

“Diplomasi tetap merupakan tindakan pilihan kami. Seperti yang telah berulang kali saya tekankan, para diplomat kami paling efektif saat didukung oleh kekuatan militer yang kredibel dalam situasi seperti ini,” kata Mattis kala itu.

Baca juga:
Bos Pentagon: Diplomasi dengan Dukungan Militer Solusi Krisis Korut

Korut telah melakukan enam uji coba nuklir tahun ini dan terus memperbaiki teknologi rudal balistiknya melalui serangkaian peluncuran rudal.

Uji coba nuklir dan rudal terakhir seolah menunjukkan kemampun nuklir dan rudal negara komunis itu. Uji coba nuklir terakhir disebut sebagai uji coba nuklir terbesar. Korut mengklaim bahwa mereka berhasil melakukan uji coba bom hidrogen yang akan dimuat ke dalam rudal balistik antar benua.

Sementara itu, dua uji coba rudal terakhir Korut berhasil terbang di atas wilayah Jepang sebelum jatuh ke Samudera Pasifik.

(ian)

Berita terbaru ini dikutip dari berita terbaru tentang Hadapi Korut, Komandan Pasifik AS Setuju Diplomasi….