Cara Mudah Mencegah Kemunduran Gigi dan Penyakit Gusi

Gigi merupak salah satu organ manusia yang sangat penting, mengapa di katakan seperti itu ? karena bisa kita fikirkan bagaimana seseorang yang tidak punya gigi tertawa terhadapmu ? atau apa Anda mau jika pacar Anda tidak memiliki gigi atau ompong ? tentu hal ini akan sangat memalukan. maka dari itu artikel ini di buat agar tampilan gigi Anda selalu perfect. dan tentunya membuta Anda selalu percaya diri.

Gigi sehat

Kerusakan pada gigi bukan cuman di alami oleh orang tua saja, bahakan anak anak pun bisa terkena ini. remaja dewasa juga tidak terhindarkan dari yang namanya kerusakan gigi. dan semoga Anda yang membaca artikel ini tidak mengalami kerusakan pada gigi ?

Kemunduran Gigi & Penyakit Gusi adalah penyakit gigi yang paling umum di antara anak-anak dan orang dewasa. Mereka juga merupakan dua penyakit yang paling mudah dicegah. Kerusakan gigi dimulai dengan erosi email gigi Anda dan menyebabkan lubang di gigi Anda, yang disebut rongga. Jika tidak ditangani, rongga ini memburuk dan seluruh gigi menjadi terganggu. Infeksi dapat menyebar ke gusi, saluran akar, dan tulang rahang Anda. Kedua kerusakan gigi dan penyakit gusi dapat menyebabkan kehilangan gigi dan keropos tulang. Berita bagus? Anda dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi dengan langkah sederhana, mudah dan terjangkau.

Berikut cara mencegah Kemunduran Gigi dan Penyakit Gusi pada Anda : 

Sikat gigi dua kali sehari

Sangat mudah, bukan? Jangan meremehkan pentingnya. Ini adalah langkah sederhana yang tidak boleh dilewatkan. Menyikat gigi di pagi hari dan lagi di malam hari adalah penting untuk menghilangkan penumpukan plak dan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit periodontal .

Floss setiap hari. Menyikat Anda tidak lengkap tanpa flossing

Benang dapat mencapai celah-celah yang terlalu kecil untuk sikat bulu Anda, jadi ini adalah langkah yang diperlukan untuk mulut yang bersih. Plak menumpuk di titik-titik kecil di antara gigi dan di sekitar garis gusi Anda, sering mengakibatkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Lewatkan gula

Makanan manis dan mengandung tepung menyebabkan reaksi di mulut Anda yang menyebabkan kerusakan gigi. Gula bereaksi dengan bakteri dalam air liur Anda untuk membentuk asam yang mengikis email gigi Anda, lapisan pelindung luar gigi Anda.
Bersihkan dengan obat kumur

Untuk tambahan dorongan untuk rutinitas kebersihan mulut Anda, bilas dengan obat kumur anti-bakteri.

Gunakan pasta gigi berfluoride

Fluoride membantu memperkuat enamel gigi Anda untuk memerangi kerusakan gigi.

Sapukan lidah Anda

Jangan abaikan lidahmu! Lidah Anda juga mengandung bakteri, jadi gunakan sikat gigi atau penjepit lidah untuk membersihkannya.

Perhatikan mulut dan gusinya

Perhatikan ketika gusi Anda terlihat meradang atau jika Anda melihat darah saat menyikat. Jangan mengabaikan rasa sakit dan nyeri. Konsultasikan dengan dokter gigi Anda untuk memastikan itu bukan gejala sesuatu yang serius.

Kunjungi dokter gigi setiap enam bulan

Sangat penting untuk kesehatan gigi dan gusi Anda bahwa Anda mengunjungi dokter gigi Anda untuk membersihkan gigi dan memeriksa dua kali setahun. Jangan berasumsi bahwa Anda dapat melewatkan janji karena gigi Anda terlihat sehat dan Anda belum mengalami rasa sakit. Seorang dokter gigi memiliki keahlian untuk melihat gejala atau tanda-tanda masalah yang Anda tidak bisa. Juga, pembersihan gigi menghilangkan tartar yang tidak dapat dihilangkan di rumah.