Panduan Pemula Mengendarai Mobil Matic

Panduan Pemula Mengendarai Mobil Matic – Dulu hanya populer di kalangan pengemudi tua dan mereka yang tidak bisa mengendarai mobil manual, mobil otomatis sekarang semakin umum. Tidak hanya mereka lebih mudah (dan lebih santai) untuk dikendarai daripada manual, dalam beberapa kasus mereka bisa lebih baik pada bahan bakar dan dapat lebih murah untuk perawatannya.

Mengendarai Mobil Matic

Mengendarai Mobil Matic

Namun, jika Anda belum pernah berikut cara mengendarai mobil matic, terlalu mudah untuk berada di belakang kemudi dan benar-benar bingung dengan kurangnya pedal kopling dan berbagai opsi yang disediakan oleh shifter. Inilah cara untuk pergi dengan cepat.

Meskipun gearbox otomatis umumnya sangat mudah digunakan, kebingungan muncul saat memulai dan berhenti. Ketika Anda masuk ke mobil dengan gearbox otomatis, itu seharusnya ditinggalkan di ‘parkir’. Letakkan kaki kanan Anda di pedal kiri (rem) dan tekan ke bawah, mulai mobil menggunakan tombol atau tombol start, dan (dengan kaki Anda masih di rem), pindahkan shifter ke ‘D’ (jika Anda ingin untuk mendorong maju) atau ‘R’ (jika Anda ingin membalikkan).

Mengangkat kaki Anda dari rem akan menyebabkan sebagian besar kendaraan otomatis ‘merayap’ ke depan – ini membantu parkir atau dalam lalu lintas kecepatan rendah. Mungkin perlu sedikit lebih banyak gas jika Anda berada di bukit atau ingin bergerak lebih cepat. Setelah bergerak, gearbox akan memilih gigi yang tepat untuk situasi dan melakukan semua kerja keras untuk Anda. Ketika Anda telah menyelesaikan perjalanan Anda dan mobil berhenti, jaga kaki Anda pada rem dan geser tuas ke ‘P’, matikan kunci kontak dan keluar dari mobil.

Berbagai Jenis Gearbox Otomatis

Meskipun setiap mobil yang mengganti persnelingnya sendiri tanpa pengemudi harus menggunakan pedal kopling umumnya dianggap otomatis, sebenarnya ada beberapa jenis gearbox otomatis yang berbeda.

Bagaimana Cara Mengendarai Mobil Matic Dengan Benar?

Gearbox otomatis konvensional

Ini menggunakan ‘torque-converter’ untuk melakukan pekerjaan kopling, dan lebih disempurnakan daripada kotak otomatis lainnya, tetapi akan menggunakan lebih banyak bahan bakar daripada manual. Mobil mewah seperti Range Rover dan Volvo XC90 stick dengan transmisi otomatis konvensional – menggunakan sebanyak sembilan gigi.

Transmisi variabel kontinu (CVT)

CVT populer di mobil-mobil hybrid seperti Toyota Prius, karena mereka menghilangkan roda yang mendukung sabuk yang bertindak sebagai rasio roda gigi tunggal. Selain lebih efisien dan lebih dapat diandalkan, mereka juga membuat berkendara yang lebih mulus karena mobil tidak harus melewati sela-sela persneling. Kelemahannya adalah akselerasi yang lebih lambat daripada gearbox otomatis lainnya, dan suara mesin yang tegang dan keras dapat terjadi jika Anda berupaya membuat kemajuan yang cepat.

Otomatis kopling ganda

Jenis gearbox ini mirip dengan gearbox otomatis konvensional, tetapi dua kopling (dioperasikan secara otomatis) menggantikan torque converter. Mereka berbaris bergantian gigi, yang berarti rasio berikutnya disiapkan dan memungkinkan perubahan gigi cepat. Mereka populer di mobil VW Group – mulai dari gearbox DSG yang ditemukan di Volkswagen Golf hingga PDK yang digunakan di Porsche.

Gearbox manual otomatis

Ini tidak sepopuler dulu, tetapi masih digunakan di mobil yang lebih murah seperti Skoda Citigo. Ini bertindak seperti manual biasa, tetapi memilih roda gigi secara otomatis dan mengoperasikan kopling dengan komputer daripada menggunakan pedal.

Otomatis lainnya akan memungkinkan Anda memilih gigi secara manual, baik menggunakan selektor atau dayung yang dipasang di belakang kemudi. Ini memberi pengemudi lebih banyak kontrol atas bagaimana mobil bergerak naik dan turun melalui gigi.

Baca juga : Nama Bisnis yang Kuat, Wajib Anda Baca

Beberapa pengemudi lebih suka ini karena lebih sesuai dengan gaya mengendarai mobil matic, mereka dan memberi mereka lebih banyak kontrol atas kinerja mobil, tetapi semakin Anda mengendarai mobil manual semakin Anda akan tahu tentang jenis gearbox manual yang Anda sukai.