Panggil Mendag hingga BKPM, Ini Hasil Rapat Menko Darmin soal Percepatan Izin Usaha : Okezone Economy UPDATE TERBARU

Berita hari ini terbaru memberikan update informasi Panggil Mendag hingga BKPM, Ini Hasil Rapat Menko Darmin soal Percepatan Izin Usaha : Okezone Economy.



JAKARTA – Pemerintah terus melakukan upaya untuk mempercepat proses perizinan usaha agar investasi bisa berjalan dengan lancar. Oleh karenanya hari ini kembali dilakukan rapat koordinasi (rakor) pelaksanaan Peraturan Presiden nomor 91 tahun 2017 tentang percepatan pelaksanaan berusaha.

Rapat dilakukan di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian yang dihadiri oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

“Rakor itu adalah sebagai follow up untuk percepatan perizinan berusaha. Kami sudah mulai cek kementerian per kementerian. Tadi kami undang 5 kementerian. Untuk cek, apa yang sudah dilakukan supaya satgas itu sudah terbentuk,” ungkap Darmin di kantornya, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Baca Juga:

Jokowi Bikin Satgas Kemudahan Berusaha, Apa Tugasnya?

Izin Usaha 3 Tahun Tak Kunjung Kelar, Menkumham: Daerah Tak Comply, Insentif Akan Dipotong!

Selain itu, Darmin juga membahas mengenai tugas yang harus dilakukan oleh satuan tugas (satgas) dan juga mengenai struktur kepemimpinan satgas nantinya.

“Kita bahas satgas yang ketuanya harus Sekretaris Jenderal kalau di K/L, kalau di daerah itu Sekretaris Daerah dan apa saja tugas yang harus segera dimulai,” jelasnya.

Sementara itu, Darmin menekankan pemerintah akan terus berkoordinasi mengenai hal ini. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi pengusaha untuk berusaha dan juga mempercepat untuk berusaha. Percepatan dilakukan dengan menjadikan urus izin berusaha melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Kami akan komunikasi terus. Intinya, di tahap satu semua harus selesai di PTSP saja. PTSP lah yabg komunikasi dengan satgas supaya dia kemudian, investor tidak bolak balik datang. Cukup datang ke satu tempat. Tahap dua selesai Januari 2018. Nanti Maret semua sudah online sistem, terintegrasi,” tukasnya.

(dni)

Berita hari ini yang mengejutkan seperti disampaikan situs berita tentang Panggil Mendag hingga BKPM, Ini Hasil Rapat Menko Darmin soal Percepatan Izin Usaha : Okezone Economy.