Presiden Prancis Bantah Tawarkan Pengasingan kepada… TV NEWS

Berita terkini hari ini menginformasikan bahwa Presiden Prancis Bantah Tawarkan Pengasingan kepada….

PARIS – Presiden Prancis Emmanuel Macron telah mengundang Perdana Menteri (PM) Lebanon Saad Hariri dan keluarganya ke Prancis. Namun mengatakan bahwa dia tidak menawarkan pengasingan politik.

Macron, yang sedang dalam perjalanan ke Jerman, mengatakan bahwa undangan untuk mengunjungi Prancis untuk beberapa hari dibuat setelah dia berbicara baik dengan Hariri dan Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman melalui telepon.

Ketika ditanya apakah dia menawarkan pengrusakan Hariri, dia menjawab: “Tidak, sama sekali tidak, saya harap Lebanon akan stabil, dan pilihan politik harus sesuai dengan peraturan kelembagaan.”

“Kami membutuhkan Lebanon yang kuat dengan integritas teritorialnya dihormati. Kami membutuhkan pemimpin yang bebas membuat pilihan mereka sendiri dan berbicara dengan bebas,” imbuhnya seperti dilansir dari BBC, Kamis (15/11/2017).

Perkembangan tersebut terjadi saat Menteri Luar Negeri Prancis Yves le Drian mengunjungi Arab Saudi untuk membahas krisis tersebut.

Pejabat Prancis mengatakan Hariri akan tiba dalam beberapa hari mendatang.

Hariri mengundurkan diri secara tidak terduga saat berkunjung ke Arab Saudi pada tanggal 4 November. Pengunduran dirinya telah memicu krisis politik.

Hariri mengumumkan pengunduran dirinya dalam pidato di televisi dari ibukota Saudi, Riyadh, mengatakan bahwa dia khawatir ada rencana pembunuhan terhadapnya.

Pemerintah Saudi telah membantah menahan atau mendesaknya untuk mengundurkan diri dalam upaya untuk membatasi mengekang pengaruh saingan regionalnya, Iran.

Presiden Lebanon Michel Aoun secara terbuka menuduh Arab Saudi menahan Hariri, dengan mengatakan “tidak ada yang bisa dibenarkan” ketidakhadirannya yang terus berlanjut.

Namun, Hariri bersikeras bahwa dia baik-baik saja dan akan segera kembali ke Lebanon.

(ian)

Hot update informasi disampaikan juga pada sumber informasi tentang Presiden Prancis Bantah Tawarkan Pengasingan kepada….