Protein dalam rayap

Protein dalam rayap merupakan berita terbaru tentang protein yang ada dalam rayap. Serangga jenis rayap selama ini dikenal sebagai perusak bangunan maupun bagian bangunan atau peralatan yang berbahan dasar kayu. Hal itu terkait dengan kemampuan makannya yang sangat cepat. Padahal, sejumlah jenis rayap sesungguhnya mengandung protein tinggi yang dapat dijadikan sebagai sumber bahan makanan alternatif bagi manusia.

Protein dalam rayap

Protein dalam rayap

Tidak hanya merugikan secara ekonomi, rayap juga mempunyai berbagai manfaat khususnya sebagai makanan yang cocok untuk dikonsumsi oleh manusia. Bagaimana tidak, rayap yang merupakan hewan kecil itu sebenarnya kaya akan protein yang berguna bagi tubuh manusia. Tapi keberadaannya terkadang sangat mengganggu, oleh sebab itu kamu dapat menggunakan jasa anti rayap untuk mengusir mereka dari rumahmu.

Terdapat dua genus rayap yang mengandung protein tinggi, yakni dari genus Macrotermis spp dan Glyptotermes spp. Padahal di Indonesia ini ada sekitar 300 spesies, di mana 233 spesies itu ada di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Bayangkan saja, potensi yang ada pada rayap sebagai sumber bahan makanan alternatif berprotein tinggi. Jika rayap bisa diolah menjadi makanan sehari-hari bagi manusia, tentu akan menjadi suatu terobosan baru yang belum banyak ditemui. Misalnya saja rayap ini diolah menjadi rempeyek atau snack ringan yang bisa dikonsumsi sebagai camilan untuk sekedar bersantai, ini merupakan berkah tersembunyi dari sifatnya yang lebih kuat sebagai perusak kayu.

Pemanfaatan rayap sebagai sumber protein tinggi dapat dilakukan mulai dari makanan yang sifatnya sederhana, seperti membuat aneka penganan, seperti rempeyek rayap, hingga mengolahnya menjadi permen. Bahkan, rayap sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan tambahan untuk pakan ayam. Mengingat jumlahnya yang besar dan banyak di Indonesia, tidak sulit menemukan rayap di sekitar rumah tempat tinggal kita.

Di Indonesia merupakan wilayah dengan hutan tropis terluas di dunia. Keadaan iklim yang sesuai dengan kriteria perkembangbiakan rayap menjadikan populasi rayap setiap harinya bisa meningkat cukup drastis. Banyak ditemui juga rayap-rayap di dunia. Lalu apa manfaatnya untuk kita dengan jumlah rayap yang sebanyak itu? Tentu saja ada manfaat pasti ada kerugiannya juga. Manfaatnya ya kita bisa dengan mudah menemukan rayap jika ingin dijadikan sebagai makanan, kita tidak harus bersusah payah berburu atau membeli di pasar, cukup melihat di sekitar kita dan mengolahnya sendiri. Cukup mudah bukan? Sudah seharusnya kita sebagai manusia berfikir positif dan tidak hanya menganggap rayap dari kerigian yang disebabkannya.