Rekor, Lelang Lukisan Da Vinci Laku Rp 6,12 Triliun KORAN TERBARU

Berita hari ini terbaru memberikan update informasi Rekor, Lelang Lukisan Da Vinci Laku Rp 6,12 Triliun.

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK – Rekor harga lukisan termahal pecah. Lukisan potret Yesus karya Leonardo da Vinci bertajuk “Salvator Mundi” laku terjual hingga US$ 450,3 juta dalam lelang di balai lelang Christie’s, New York, Rabu (15/11/2017).

Harga lukisan itu setara Rp 6,12 triliun dengan asumsi kurs 1 US$ = Rp 13.600. Harga tersebut lebih dari dua kali lipat rekor harga lukisan sebelumnya.

Yakni lukisan “Les Femmes D’Alger” karya Pablo Picasso, yang terjual seharga US$ 179,4 juta pada lelang bulan Mei 2015. Juga jauh lebih tinggi empat kali lipat dari perkiraan harga sebelum lelang sekitar US$ 100 juta.

Seperti dilansir Reuters, “Salvator Mundi” jatuh ke tangan pembeli dengan identitasnya tidak disebutkan yang melakukan penawaran via telepon. Proses lelang lukisan tersebut cukup seru dan panjang hingga memakan waktu 20 menit.

Lukisan yang dibuat sekitar tahun 1.500-an ini merupakan salah satu dari 20 lukisan karya seniman zaman Renaissance yang masih otentik dan ada. 

Baca: Setya Novanto Dijaga Belasan Pria Berbadan Tegap

Baca: Waduh! Pengacara Setya Novanto Mengancam Bongkar Borok KPK

Pertama kali tercatat, lukisan karya da Vinci itu masuk koleksi pribadi Raja Charles I dalam sebuah lelang pada tahun 1763.

Namun kemudian, lukisan ini sempat menghilang sampai ditemukan lagi jejaknya tahun 1900.

Hingga selanjutnya lukisan “Salvator Mundi” terjual dalam lelang tahun 1958 di rumah lelang Sotheby’s dengan harga saat itu cuma £ 45 atau sekitar US$ 126. Lukisan tersebut dibeli seorang kolektor Amerika Serikat (AS).

Informasi mengejutkan menurut link informasi tentang Rekor, Lelang Lukisan Da Vinci Laku Rp 6,12 Triliun.