Ribuan Pohon di Jakarta Barat Masuk Kategori Rawan… BERITA AKTUAL

Berita terkini hari ini menginformasikan bahwa Ribuan Pohon di Jakarta Barat Masuk Kategori Rawan….

JAKARTA – Pemkot Jakarta Barat menyatakan ribuan pohon di wilayahnya masuk kategori rawan tumbang. Selain karena minim perawatan, curah hujan tinggi juga menjadi penyebab ribuan pohon tersebut rawan tumbang.

Kasudin Kehutanan Jakarta Barat Aris Firmansyah mengatakan, ada ribuan titik pohon yang diminta masyarakat untuk ditoping (pemangkasan), beberapa di antaranya bahkan diminta untuk ditebang, karena dianggap berbahaya. “Sebulan paling kita bisa melakukan toping sebanyak 300-500 pohon,” kata Aris ketika dikonfirmasi SINDOnews pada Selasa (13/11/2017).

Aris menuturkan, kendala yang dialami untuk melakukan penopingan ialah minimnya petugas. Tak itu saja, banyak juga pohon yang berada dilingkungan proyek pembangunan jalan milik Dinas Bina Marga dan proyek saluran air milik Dinas Sumber Daya Air. Penopingan tidak bisa dilakukan karena cukup berbahaya.

Belum lagi persoalan penopingan diperlukan petugas yang khusus. Jika tak memiliki kemampuan penopingan malah menyebabkan kecelakaan, sepeti kasus PPSU (Petugas Prasarana Sarana Umum) yang tewas terjatuh.

Kini mengantisipasi kecelakaan terulang, Aris menuturkan, akan memberikan pelatihan kepada PPSU termasuk beberapa petugas yang ada, serta pembentukan tim berjumlah 7-10 orang. “Tapi selama mampu silakan saja langsung ditoping,” ucapnya.

(whb)

Kabar hari ini disadur berdasarkan sumber berita tentang Ribuan Pohon di Jakarta Barat Masuk Kategori Rawan….