Serunya Menikmati Wisata Kuliner Istimewa di Kota Madiun

Anda pernah berlibur ke Madiun?

Kota yang satu ini memang mudah diakses ketika Anda berkeliling Pulau Jawa. Berbekal tiket kereta api yang dipesan secara online, Anda bisa merencanakan perjalanan ke Madiun secara praktis. Madiun tidak hanya memiliki objek wisata yang indah. Karena ternyata banyak pula makanan khas yang bisa membuat Anda ketagihan berwisata kuliner.

 Wisata Kuliner

Wisata Kuliner

Jika Anda termasuk orang yang hobi berwisata kuliner, aneka makanan khas Madiun ini pasti dapat memuaskan selera Anda:

Soto Madiun

Mayoritas soto Madiun menggunakan daging ayam kampung sebagai bahan dasar. Sehingga cita rasa soto yang dihasilkan menjadi lebih gurih. Seporsi soto Madiun terdiri dari nasi dan potongan daging ayam yang disiram dengan kuah kaldu hangat. Soto Madiun biasanya disantap dengan pelengkap berupa tempe goreng, ati ampela, dan sate kulit ayam.

Lento Madiun

Lento adalah camilan khas Madiun yang dibuat dengan cara digoreng. Bahan dasarnya terdiri dari singkong yang diparut kasar, tempe bosok, dan tepung terigu. Agar rasanya lebih sedap, lento biasanya menggunakan banyak bumbu seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk. Setelah semua bahan dicampur, adonan lento tersebut digoreng hingga permukaannya menjadi renyah. Lento Madiun paling cocok disantap selagi hangat untuk menemani waktu santai Anda.

Rujak Petis

Para pencinta olahan petis pasti menyukai rujak petis. Bahan dasar rujak yang satu ini sebenarnya sangat sederhana. Campuran yang terdiri dari tempe goreng setengah matang, tahu goreng, taoge rebus, kangkung rebus, timun, dan lontong dipadukan dengan bumbu petis. Bahan-bahan dasar bumbunya terbuat dari petis, pisang kluthuk merah, dan air perasan jeruk nipis. Sensasi rasa petis sebagai bumbu utama membuat aroma rujak petis ini sangat kuat dan menggugah selera.

Dawet Suronatan

Dawet suronatan adalah hidangan manis khas Madiun yang berbeda dengan cendol biasa. Seporsi dawet suronatan terdiri dari campuran bubur ketan hitam, bubur sumsum, cendol, dan tape. Campuran tersebut kemudian dilengkapi dengan kuah gula merah, santan, dan es batu. Kesegaran dawet suronatan membuat hidangan ini cocok dinikmati saat cuaca panas.

Lontong Tahu Telor

Tak hanya Surabaya yang memiliki menu khas berupa tahu telor. Madiun juga punya menu serupa yang disebut lontong tahu telor. Bahan dasar lontong tahu telor terdiri dari potongan lontong, telur dan tahu goreng, dan bumbu kacang. Lontong tahu telor biasanya juga diberi pelengkap berupa taburan daun bawang dan bawang goreng agar aromanya lebih spesial.

Nasi Pecel Madiun

Ada bahan dasar istimewa yang membedakan pecel Madiun dengan pecel dari daerah lainnya. Pecel Madiun biasanya dilengkapi dengan kembang turi dan lempeng. Seporsi nasi pecel Madiun disajikan dengan empal daging atau jeroan sapi sebagai pelengkap.

Nasi Jotos

Sekilas, nasi jotos memang sangat mirip dengan nasi kucing. Karena porsinya sangat kecil, hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Seporsi nasi jotos biasanya sudah diberi pelengkap berupa tahu, tempe, dan telur. Keistimewaan nasi jotos terletak pada racikan sambalnya yang super pedas. Anda bisa menyantap nasi jotos dengan tambahan lauk lain agar cita rasanya semakin istimewa.

Sensasi wisata kuliner di Madiun akan membuat Anda rindu untuk kembali lagi di lain waktu. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda mencari tahu tentang tempat-tempat wisata kuliner yang populer di Madiun. Supaya pengalaman wisata kuliner Anda semakin lengkap dan berkesan.