Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Qurban Idul Adha

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Qurban Idul Adha yang siring dilakukan dalam 1 tahun sekali oleh umat islam seluruh dunia. Pengorbanan hewan selalu diperlakukan sebagai bentuk ibadah yang diakui dalam semua ordo agama yang berasal dari buku ilahi. Bahkan dalam masyarakat pagan, pengorbanan binatang diakui sebagai bentuk ibadah, tetapi dilakukan atas nama beberapa berhala dan bukan atas nama Allah, sebuah praktik yang sepenuhnya ditolak oleh Islam.

Qurban Idul Adha

Qurban Idul Adha

Dalam syari’at Nabi kita tercinta, Sall-Allahu alaihi wa sallam, Qurban Idul Adha telah diakui sebagai bentuk ibadah hanya selama tiga hari Zulhijjah, yaitu, tanggal 10, 1 dan 12 bulan ini. Ini adalah untuk mengenang pengorbanan yang tak tertandingi yang ditawarkan oleh Nabi Sayyidna Ibrahim, Alayhi Salam. Berita Terbaru tenntang idul qurban ini juga menguntungkan bagi pelaku bisnis ternak.

ketika Alayhi Salam, dalam mengejar perintah Allah disampaikan kepadanya dalam mimpi, mempersiapkan diri untuk membantai putra kesayangannya, Sayyidna Isma’il, Alayhi Salam, dan benar-benar melakukannya tetapi, Allah SWT, setelah menguji ketaatannya, mengirim domba dan menyelamatkan putranya dari nasib yang logis dari pembantaian. Sejak saat itu dan seterusnya bahwa Hewan Qurban menjadi kewajiban wajib untuk dilakukan oleh setiap sumur untuk dilakukan Muslim.

Qurbani adalah demonstrasi penyerahan total kepada Allah dan bukti ketaatan sepenuhnya kepada kehendak atau perintah Allah. Ketika seorang Muslim menawarkan Qurbani, inilah yang ingin dia buktikan. Dengan demikian, Qurbani yang ditawarkan oleh seorang Muslim menandakan bahwa ia adalah budak Allah di terbaiknya dan bahwa ia tidak akan ragu bahkan untuk sesaat, setelah ia menerima perintah mutlak dari Penciptanya, untuk menyerah sebelum itu, untuk mematuhinya dengan ikhlas, bahkan jika itu dengan harga hidup dan harta miliknya.

Ketika seorang Muslim sejati dan sempurna menerima perintah dari Allah, ia tidak membuat kepatuhannya tergantung pada kewajaran perintah itu ‘seperti yang dirasakan melalui pemahamannya yang terbatas, dia tahu bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana dan bahwa alasannya sendiri tidak dapat mencakup pengetahuan dan kebijaksanaan yang mendasari perintah ilahi. Karena itu, ia tunduk pada perintah ilahi,

Ini persis apa yang Nabi Ibrahim, Alayhi Salam, lakukan. Rupanya, tidak ada alasan mengapa seorang ayah harus membantai putranya yang tidak bersalah. Namun, ketika datang perintah dari Allah, dia tidak pernah bertanya tentang alasan untuk perintah itu, juga tidak ragu untuk mengikutinya.

Mengorbankan hewan dimulai dengan manusia pertama. Anak-anak Hazrat Adam mengorbankan binatang tetapi pengorbanan salah satu dari mereka tidak diterima karena niatnya tidak murni. Namun, pengorbanan saudara laki-lakinya diterima. Dia iri pada saudaranya dan membunuhnya. Al-Quran menceritakan tentang peristiwa itu. Dengan demikian, kita memahami bahwa apa yang penting dalam pengorbanan adalah berkorban untuk Allah.

Qurban Idul Adha

Qurban Idul Adha

Terlepas dari kejadian itu, di berbagai tempat di Al-Quran, qurbans yang diperintahkan untuk nabi sebelumnya dan qurbans untuk dikorbankan dalam haji (ziarah) disebutkan. Qurban hadir dalam semua agama.

Mengapa Muslim Wajib Menyembelih Qurban Idul Adha?

Selama perayaan Idul Adha, umat Muslim memperingati dan mengingat pencobaan Abraham, dengan membantai binatang seperti domba, unta, atau kambing. Tindakan ini sangat sering disalahpahami oleh orang-orang di luar iman.

Baca Juga : Berita Bisnis Online Terbaru di Internet Gratis

Muslim menyembelih hewan dengan cara yang sama sepanjang tahun. Dengan mengucapkan nama Allah pada saat penyembelihan, kita diingatkan bahwa hidup itu suci. Daging dari qurban idul adha sebagian besar diberikan kepada orang lain. Sepertiga dimakan oleh keluarga dan kerabat dekat, sepertiga diberikan kepada teman-teman, dan sepertiga disumbangkan kepada orang miskin.