Tips Anti Rugi Kredit Laptop Secara Online

Tips Anti Rugi Kredit Laptop Secara Online. Dibandingkan dengan kredit laptop di toko konvensional, bisa dibilang kredit laptop secara online lebih punya risiko rugi yang tinggi. Utamanya karena kita sebagai konsumen nggak bisa mengecek kondisi laptop secara langsung sebelum nyelesaiin transaksi.

Tips Anti Rugi Kredit Laptop

Padahal, mengecek kondisi laptop adalah hal utama yang perlu dilakukan sebelum transaksi. Jangan sampe, cicilan masih berjalan, tapi laptopnya udah rusak karena nggak dicek dulu sebelumnya. Ini berlaku baik untuk laptop baru ataupun laptop bekas.

Tapi, jangan khawatir, buat yang tertarik kredit laptop online, ada beberapa tips yang bisa dilakuin sebelumnya supaya menghindari risiko kerugian di kemudian hari. Apa aja? Simak, yuk!

Kalo bekas, pilih laptop dengan masa pakai di bawah 1 tahun

Karena terkait bujet, laptop bekas lebih sering jadi pilihan banyak orang supaya bisa dapat laptop murah tapi berkualitas. Nggak ada salahnya beli laptop bekas, asal kita harus tetap teliti dengan kondisi laptop.

Kenapa harus pilih laptop bekas dengan masa pakai di bawah 1 tahun? Karena pastinya, kondisi laptop masih terjamin dan juga masih tercover garansi. Harga laptop yang masa pakainya kurang dari 1 tahun kemungkinan masih tinggi, tapi sebanding dengan kualitasnya. Jangan mudah tergiur dengan harga laptop bekas murah dan masa pakai di atas 1 tahun. Dikhawatirkan beberapa komponen laptop udah nggak berfungsi dengan baik dan risiko rusaknya lebih tinggi.

Bandingkan suku bunga kredit antara laptop bekas dan laptop baru

Beberapa merchant atau fasilitas penyedia kredit laptop, ada yang membedakan suku bunga kredit untuk laptop bekas dan baru, ada juga yang nggak. Biasanya, perbedaan tingkat suku bunga ini disesuaiin juga sama uang muka laptop yang perlu kita bayar. Makin besar uang muka, makin kecil suku bunganya, dan sebaliknya.

Kalo nggak mau ribet ngitungin suku bunga, kamu bisa pilih fasilitas kredit laptop online yang ngasih suku bunga sama untuk laptop baru atau bekas, salah satunya Kredivo. Suku bunga Kredivo juga tetap dan paling rendah dibanding perusahaan pemberi kredit lain, cuma 2,95% per bulan, tanpa ada uang muka. Pilihan tenor cicilannya juga beragam, mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan, dengan biaya keterlambatan sebesar 3% apabila kamu telat bayar cicilan kredit laptop. Plafon kredit untuk cicilan yang bisa dikasih Kredivo maksimal hingga Rp 20 juta.

Pastikan mendapat simulasi cicilan yang transparan

Salah satu yang dikhawatirkan dari kredit secara online adalah munculnya biaya-biaya tambahan di kemudian hari yang nggak sesuai dengan perjanjian kredit di awal. Maka, penting sifatnya untuk meminta atau mendapat simulasi cicilan yang jelas dan transparan di awal sebelum menyetujui kredit.

Simulasi cicilan ini adalah kebijakan dari lembaga multifinansial atau penyedia kredit. Bentuknya berupa jumlah cicilan beserta bunga yang harus dibayar per bulannya, tanggal jatuh tempo, dan masa tenor cicilan yang dipilih. Kamu bisa bertanya ke tim customer service dari lembaga tersebut tentang simulasi cicilan sebelum bertransaksi supaya nggak dirugikan di kemudian hari.

Misalnya dengan Kredivo, simulasi cicilan selalu diberikan di awal saat kamu memilih metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit dengan Kredivo di merchant online. Perhatikan simulasi ini baik-baik, kalo sesuai dengan kondisi finansialmu, kamu bisa ngelanjutin dan nyelesaiin transaksi. Beberapa merchant online yang udah bermitra dengan Kredivo antara lain adalah Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Bhinneka, JD.id, Blibli, dan masih ada 200 lainnya yang bisa kamu cek di sini.

Minta garansi dan jaminan pengembalian apabila kondisi laptop nggak sesuai

Di jaman sekarang, hampir semua merchant online memiliki kebijakan retur dan pengembalian dana. Tapi, kadang-kadang, antara merchant dan seller suka terjadi perbedaan kesepakatan. Selain memastikan bahwa merchant tempat kredit laptop bisa refund dan retur, kamu juga perlu nanya ke seller perihal garansi dan jaminan kalo laptop yang datang nggak sesuai yang dijanjikan.

Kredit laptop tanpa dp online artinya kamu baru bisa cek spesifikasi dan kondisi laptop saat barang tiba di rumah dan transaksi kredit selesai. Nggak mau kan, begitu laptop sampe, kondisi nggak sesuai, tapi barang nggak bisa ditukar? Ujung-ujungnya kamu yang bakal rugi karena cicilannya tetap berjalan.

Kalo seller nggak bisa memberikan garansi atau jaminan tukar laptop yang nggak sesuai, sebaiknya kamu cari seller lain dan urungkan niat untuk melanjutkan transaksi di seller tersebut.